Senin, 01 Juli 2013

Permainan Jamuran

Jamuran adalah nama permainan tradhisional yang ada di Yogyakarta,Jawa Tengah, dan sekitarnya. Permaina Jamuran ini biasanya dilakukan beramai-ramai oleh anak-anak untuk mengisi waktu senggangnya sewaktu pulang sekolah. permainan ini dimulai dengan hompipah terlebih dahulu untuk menentukan siapa yang kalah. Anak yang kalah akan duduk di tengah sedangkan yang menang akan saling bergandengan tangan melingkari anak yang kalah tadi, mereka sambil menyanyikan lagu jamuran:


“Jamuran yo gehethok
Jamur opo, yo gegethokJamur gajih bejijih sak oro-oroSiro badhe jamur opo?”

Kira-kira seperti itulah lagu jamuran yang dinyanyikan oleh anak-anak. Setelah syair terakhir:

 "Siro badhe jamur opo?"

 maka anak yang berada di tengah berteriak menyebut sebuah sebuah nama jamur. misal:

 "Jamur Patung"

 maka anak-anak yang bergandengan pura-pura jadi patung,berdiam diri,tidak boleh senyum,bergerak,berbicara. Jika ada anak yang tersenyum atau bergerak maka anak tersebut dapat hukuman untuk menggantikan anak yang berada di tengah tadi.

Kemudian mereka membentuk lingkaran lagi dan mulai menyanyikan lagu jamuran lagi. Dan anak yang  di tengah tadi juga melakukan hal yang sama seperti tadi. Begitulah permainan itu terus di ulang-ulang. Kiranya itu gambaran tentang permainan jamuran. Semoga di zaman sekarang masih ada anak-anak yang bermain jamuran untuk mengisi waktu senggangnya... :)
 
;