Senin, 05 Agustus 2013

Permainan Bekelan


Nama bekelan atau bekel berasal dari nama bola yang dipakai yaitu bola yang terbuat dari karet yang disebut dengan bola bekel. Bekelan adalah permainan anak yang kebanyakan dimainkan oleh anak perempuan. Yang dibutuhkan dalam permainan ini yaitu Bola karet sebesar bola pingpong kemudian timbel yang berupa misalnya kacang, batu kecil, kelereng atau yang lain yang penting ukuranya pas di tangan dengan jumlah 5 (lima).


Pemain pertama harus mulai dengan semua biji dalam satu tangan dan bijinya akan dijatuhkan waktu bola dilempar masih ada di udara. Setiap kali bola dilempar, bolanya hanya bisa menyinggung lantai satu kali, sebelum pemain menangkapnya.Habis itu, setiap kali bolanya dilempar, pemain akan mengambil satu biji dan menangkap bolanya dengan tangan yang sama, sampai semua biji di lantai sudah habis.

Pemainnya bisa terus bermain dengan menaikkan jumlah biji yang diambil setiap bagian, sampai dia bisa mengambil semua bijinya dalam satu kali. Lalu, permainannya akan dibuat lebih sulit dengan menambah satu aturan yang lain pada aturan yang ada:

Mula-mula pemain harus mengganti semua biji di atas dulu, baru dia bisa mengambil satu biji setiap kali sampai semua bijinya habis. Habis itu, pemain harus melempar biji di lantai lagi. Kemudian, dia harus memutar biji seperti dulu. Lalu, dia akan mengambil dua biji setiap kali sampai semua bijinya habis. Ini meneruskan sampai semua bijinya bisa diambil dalam satu kali. Kalau kebetulan biji jatuh dari tangannya waktu sedang bermain, pemainnya juga harus berhenti, jadi lawan bisa mulai.Pemain yang bisa bermain lebih banyak macam yang berbeda adalah pemenangnya.
 
;